PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA DAUR AIR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SEYEGAN

Kiswandari, Septi (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA DAUR AIR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SEYEGAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Septi Kiswandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran diorama daur air, mengetahui kelayakan media pembelajaran diorama daur air, dan mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi daur air. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model 4D. Media pembelajaran diorama daur air ini divalidasi oleh ahli media, ahli macateri, serta penilaian oleh praktisi pembelajaran. Media pembelajaran diorama daur air ini diujicobakan secara terbatas dan uji coba lapangan pada siswa kelas V SD Negeri Seyegan. Data validasi dan data tingkat pemahaman siswa pada aspek kognitif dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Media diorama daur air dihasilkan dengan melalui tahapan Define, Design, dan Develop. Hasil uji kelayakan media pembelajaran diorama daur air memperoleh skor akhir 3,88 dengan kategori baik menurut ahli media, skor akhir 4,21 dengan kategori sangat baik menurut ahli materi, dan skor akhir 4,69 dengan kategori sangat baik menurut penilaian praktisi, serta skor 4,17 dengan kategori sangat baik pada uji coba terbatas dan skor 4,32 dengan kategori sangan baik pada uji coba lapangan. Pemahaman siswa terhadap materi berdasarkan aspek kognitif memperoleh rata-rata 76,7. Kata kunci: media pembelajaran, diorama, daur air

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:38
Last Modified: 30 Jan 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31254

Actions (login required)

View Item View Item