HUBUNGAN ANTARA REINFORCEMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SEGUGUS II KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016

Wahyuni, Reny Dwi (2016) HUBUNGAN ANTARA REINFORCEMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SEGUGUS II KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Reny Dwi Wahyuni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat reinforcement, tingkat motivasi belajar matematika, dan hubungan antara reinforcement dengan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD segugus II Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD segugus II Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 86 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 71 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) tingkat reinforcement siswa kelas V SD segugus II Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016 sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 66,20%, (2) tingkat motivasi belajar matematika siswa kelas V SD segugus II Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016 sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 63,38%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara reinforcement dengan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD segugus II Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016, yang dibuktikan dengan hasil uji korelasi yaitu nilai signifikansi hasil analisis SPSS 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05) pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci: reinforcement, motivasi belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31241

Actions (login required)

View Item View Item