PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK BERLIRIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCUNG KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Firdausia, Luftia (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK BERLIRIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCUNG KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Luftia Firdausia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaranmenulis puisi dan meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media musik berlirik pada siswa kelas V SD Negeri Pucung Kalasan Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas kolaborasi. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis-Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pucung Kalasan Sleman Yogyakarta.Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis puisi. Data diperoleh melalui tes, observasi dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis melalui reduksi data, paparan, atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata dan persentase skor hasil pengamatan. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan keterampilan menulis puisi (75% siswa mencapai KKM) dan rata-rata kelas sebesar ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media musik berlirik dapat meningkatkan proses keterampilan menulis puisi pada siswa. Peningkatan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siklus I, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pada siklus II peningkatan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi terlihat dari siswa termotivasi membuat puisi, mengembangkannya dalam bentuk draft, siswa merevisi draft puisi, siswa memiliki motivasi menyunting tulisan akhir dan mempublikasikan puisi. Peningkatan keterampilan menulis puisi siswa terlihat pada siklus I sebesar 11, kondisi awal 67 meningkat menjadi 78 dan siklus II sebesar 19, kondisi awal 67 meningkat menjadi 86. Kata kunci: keterampilan menulis puisi, musik berlirik, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:10
Last Modified: 30 Jan 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31235

Actions (login required)

View Item View Item