LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 10 Agustus – 12 September 2015 Nama Lokasi : SMA N 2 Banguntapan Alamat : Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Bantul

Meyta Olasari, Meyta Olasari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 10 Agustus – 12 September 2015 Nama Lokasi : SMA N 2 Banguntapan Alamat : Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MEYTA OLASARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan untuk semua jurusan. Saat ini kegiatan PPL dilaksanakan secara terbimbing yang penyelenggaraannya di sekolah. Tujuannya adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuannya serta mempraktikan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan dalam proses pembelajaran sesuai bidang studinya, sehingga mahasiswa memperoleh bekal berupa pengalaman faktual untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang professional dan bertanggung jawab Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015, yang berlokasi di SMA Negeri 2 Banguntapan. Secara keseluruhan fasilitas yang dimiliki SMA Negeri 2 Banguntapan ini sudah cukup lengkap, meskipun ada beberapa sarana prasarana yang belum dimiliki. Selama praktek mengajar praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas XI dengan jumlah 2 kelas, dari 8 kelas dibagi menjadi 4 karena dari jurusan Pendidikan Bahasa Jerman terdapat empat mahasiswa yang melakukan PPL di SMA N 2 Banguntapan. Praktikan disini mendapatkan kelas XI IPS 2 dan XI IPA 3 secara keseluruhan untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Adapun keberhasilan dari pelaksanaan program-program kami tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Guru pembimbing mendampingi mahasiswa dalam perencenaan maupun pelaksanaan. Keterlibatan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL-PPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMA N 2 Banguntapan akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Disini mahasiswa harus dapat menguasai kelas agar dapat membangun kelas yang harmonis, dan efektif untuk kegiatan belajar-mengajar. Dari kegiatan ini diharapkan dapa tercetak bakal calon pendidik yang sudah matang serta profesional dalam hal mengajar maupun teknik mengelola kelas. Secara umum pelaksanaan PPL di SMA N 2 Banguntapan berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang harmonis beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, guru, karyawan, dan siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31232

Actions (login required)

View Item View Item