LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS s.d 12 SEPTEMBER 2015 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Athika Wirastiti, Athika Wirastiti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS s.d 12 SEPTEMBER 2015 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ATHIKA WIRASTITI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, praktik pengalaman lapangan diselenggarakan di lokasi SMA Negeri 2 Banguntapan. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pengajaran mikro, kegiatan observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung, pelaksanaan PPL, pembuatan perangkat pembelajaran dan evaluasi. Semua tahap harus dijalani praktikan secara runtut dan tertib. Inti kegiatan praktik pengalaman lapangan ini terdiri dari dua bidang yaitu praktik mengajar dan administrasinya serta kegiatan rutin piket harian yaitu pendampingan guru piket. Kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 dengan mata pelajaran Kimia materi senyawa hidrokarbon. Jumlah jam mengajar dalam satu minggu yaitu 5 jam pelajaran di kelas XI IPA 4. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan ini praktikan menggunakan media Power Point, molymood, dan papan tulis, untuk metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi, ceramah, study literatur, demonstrasi,dan tanya jawab. Sedangkan untuk model pembelajaran menggunakan cooperative learning dan direct instruction. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan yaitu minimal menggunakan 4 RPP selama mengajar. Dalam pelaksanaan PPL, tidak semua kegiatan berjalan dengan lancer, ada beberapa hambatan yang ditemui. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PPL adalah (1). Penguasaan kelas yang masih perlu ditingkatkan lagi karena terkadang kurang kondusif (2). Pembagian waktu/ alokasi waktu dalam mengajar kurang efektif. Dengan mengetahui hambatan yang dihadapi, praktikan akan lebih mampu dalam memecahkan masalah yang ada saat berada di lapangan. Sehingga dapat meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, wawasan, dan pengembangan kompetensi untuk bekal yang bermanfaat di masa depan menjadi seorang guru professional

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Metode Pembelajaran, Proses Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2016 06:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31222

Actions (login required)

View Item View Item