PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP UPACARA TRADISI YAA QAWIYYU YANG MENGANDUNG UNSUR ISLAM JAWA DI DUSUN JATINOM KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN JATENG

Rosita, Tami (2012) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP UPACARA TRADISI YAA QAWIYYU YANG MENGANDUNG UNSUR ISLAM JAWA DI DUSUN JATINOM KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN JATENG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tami Rosita 07205244056.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upacara tradisi Yaa Qawiyyu yang mengandung unsur Islam-Jawa menurut persepsi masyarakat Jatinom. Yaa Qawiyyu merupakan salah satu bentuk kebudayaan Jawa hasil akulturasi antara ajaran Islam dengan ajaran Hindu-Budha yang masih dilaksanakan sampai saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi berpartisipasi, dan wawancara mendalam dengan juru kunci dan juga pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan upacara tradisi Yaa Qawiyyu. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan didukung oleh alat bantu berupa alat perekam, kamera, catatan wawancara, catatan lapangan, dan alat tulis. Analisis data yang digunakan, yaitu analisis induktif dengan kategorisasi, dan perbandingan berkelanjutan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat Jatinom terhadap Yaa Qawiyyu, pertama Yaa Qawiyyu sebagai sarana dakwah agama Islam, masyarakat menganggap Yaa Qawiyyu adalah sarana dakwah lewat budaya Jawa. Hal itu disebabkan karena pada zaman dahulu masyarakat Jawa masih kental dengan upacara-upacara yang terdapat pengaruh agama Hindu, sehingga salah satu cara agar agama Islam dapat diterima oleh masyarakat Jawa salah satunya dengan memanfaatkan sesuatu yang sudah ada di masyarakat. Kedua, Yaa Qawiyyu sebagai ekspresi simbolik masyarakat. Yaitu, masyarakat mempunyai keyakinan dengan memakan apem tersebut akan mendapatkan anugerah dari Allah SWT. Bagi petani apem juga dipercaya dapat menyuburkan tanah dan menolak bala. Masing-masing mempunyai tujuan tersendiri karena di dalam apem tersebut terdapat do’a dan pengharapan masyarakat. Ketiga, Yaa Qawiyyu sebagai objek wisata di Klaten yang dapat menambah pendapatan daerah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: upacara tradisi Yaa Qawiyyu,yang mengandung unsur Islam-Jawa menurut persepsi masyarakat Jatinom
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 18 Apr 2016 06:48
Last Modified: 30 Jan 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31221

Actions (login required)

View Item View Item