LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II / MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Umi Hartati, Umi Hartati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II / MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Umi Hartati 12111241023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II)/Magang III merupakan mata kuliah praktik yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan dan sebelumnya telah menempuh mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan I (Micro teaching). Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran dimulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri, serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. PPL II dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. Sekolah tempat mahasiswa melakukan Praktik Pengalaman Lapangan adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya LPPMP UNY yaitu di TK PKK 51 Terong yang terletak di Desa Pencitrejo, Terong, Dlingo, Imogiri, Bantul. TK PKK 51 Terong merupakan sekolah swasta yang terdiri dari tiga kelas, yaitu 2 Rombongan Belajar (rombel) untuk kelas B dan satu rombel untuk kelompok A. Sebelum terjun ke lokasi, mahasiswa merencanakan program yang akan dilaksanakan selama PPL II agar pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Program PPL II terbagi menjadi dua yaitu Kegiatan Pengajaran dan Kegiatan Non Pengajaran. Kegiatan Pengajaran meliputi praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan praktik mengajar guru pendamping. Mahasiswa mempunyai kesempatan untuk masuk ke ruang kelas sebanyak 4-6 kali, dengan 2-4 kali mengajar terbimbing dan 2 kali mengajar mandiri (ujian). Untuk melaksanakan program pengajaran, penyusun harus melaksanakan beberapa tahap dimulai dari mengembangkan RKM ke RKH, Penyusunan RKH dan instrumen penilaian, konsultasi RKH dengan guru pembimbing, pembuatan media pembelajaran, kemudian melaksanakan praktik mengajar, evaluasi pembelajaran, dan menganalisis hasil mengajar. Berdasarkan analisis yang dilakukan, anak-anak cenderung tertartik dan antusias melaksanakan kegiatan karena media yang digunakan dalam mengajar beragam. Sedangkan Kegiatan Non Pengajaran meliputi pelatihan dan pengembangan media pembelajaran, lomba HUT RI, pelatihan gerak dan lagu, membantu administrasi kelas, menghias kelas, dan pentas perpisahan PPL. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, PPL, program PPL, TK PKK 51 Terong
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2016 06:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31215

Actions (login required)

View Item View Item