LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI TK PKK 51 TERONG

Cahyani Hayyu Utami, Cahyani Hayyu Utami (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI TK PKK 51 TERONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cahyani Hayyu Utami 12111241025.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran, dimulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri, serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 1 bulan, yaitu mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Program PPL dibagi menjadi dua yaitu program pengajaran dan program nonpengajaran. Program pengajaran meliputi program mengajar terbimbing, program mengajar mandiri, dan program mengajar menjadi guru pendamping. Untuk melaksanakan program pengajaran tersebut, mahasiswa harus melaksanakan beberapa tahap yaitu: penyususnan RKH, konsultasi RKH, pembuatan media pembelajaran, pembuatan instrumen, mengajar di kelas, evaluasi pembelajaran, dan menganalisis hasil pembelajaran. Berdasarkan analisis hasil mengajar, anak-anak mampu mengerjakan kegiatan yang diberikan. Anak-anak terlihat antusias karena kegiatan yang diberikan cenderung ke hasil karya. Program nonpengajaran yang dilaksanakan adalah pelatihan dan pengembangan media pembelajaran, lomba HUTRI ke-70, pelatihan gerak dan lagu, administrasi kelas, menghias kelas, dan pentas perspisahan. Dalam kegitan pembelajaran dan nonpembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Perencanaan Program, Pelaksanaan Program, Analisis Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2016 05:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31207

Actions (login required)

View Item View Item