PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR SISWA KELAS I SD NEGERI GEMBONGAN SENTOLO KULON PROGO

Mustatiroh, - (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR SISWA KELAS I SD NEGERI GEMBONGAN SENTOLO KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Mustatiroh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan dan (2) meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Gembongan Sentolo Kulon Progo menggunakan media kartu kata bergambar. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Gembongan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian yakni siswa kelas I SD Negeri Gembongan yang terdiri dari 29 siswa. Objek penelitian yakni kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif. Proses pembelajaran membaca permulaan menggunakan media kartu kata bergambar meliputi: (1) siswa mengamati kartu kata bergambar (2) bertanya jawab (3) membaca kartu kata bergambar (4) bermain estafet kartu kata bergambar (5) membaca dengan metode SAS (5) diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar dalam pembelajaran membaca permulaan dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase aktivitas siswa yaitu kondisi awal 41,59%, pada siklus I 52,37% dan pada siklus II 71,23%. Pada siklus I, sebagian besar siswa belum berani menyampaikan pendapat dan pertanyaan. Pada siklus II, siswa lebih berani menyampaikan pendapat dan pertanyaan. Di samping itu, penggunaan media kartu kata bergambar dalam pembelajaran membaca permulaan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan membaca permulaan yakni pada kondisi awal, siswa yang tuntas 17,24% atau sejumlah 5 siswa, pada siklus I, siswa yang tuntas 41,38% atau 12 siswa dan pada siklus II, siswa yang tuntas 82,75% atau 24 siswa. Kata kunci: membaca permulaan, kartu kata bergambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:59
Last Modified: 30 Jan 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31205

Actions (login required)

View Item View Item