Aninda Rismania Ismafuri, Aninda Rismania Ismafuri (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI TK PKK 51 TERONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar - Abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I - BAB III.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (4kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran dimulai dari menyusun rencana pembelajaran (RKH), membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri, serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan, terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa diwajibkan melakukan praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dalam mengajar.Program PPL dibagi menjadi dua yaitu program pengajaran dan program nonpengajaran.Program pengajaran terdiri dari program mengajar terbimbing, program mengajar mandiri dan program menjadi guru pendamping Dalam melaksanakan program pengajaran tersebut, mahasiswa harus melaksanakan berbagai tahap, yaitu : menyusun RKH, konsultasi RKH dengan guru kelas, pembuatan media pembelajaran, pembuatan intrumen penilaian, mengajar dikelas, evaluasi pembelajaran, dan menganalisis hasil pembelajaran. Berdasarkan analisis hasil mengajar, anak-anak antusias dan semangat untukmengerjakan kegiatan karena kegiatan yang diberikan menggunakan media yang kongkret dan lebih bervariasi bukan sekedar menggunakan lembar kerja anak. Program nonpengajaran yang dilaksanakan diantaranntya ada lomba HUT RI ke-70, menghias kelas, administrasi kelas dll. Program PPl dapat terlaksana dengan baik serta lancar berkat dukungan dan kerjasama dari mahasiswa, guru, dan orangtua siswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program PPL, analisis hasil |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 18 Apr 2016 04:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31199 |
Actions (login required)
View Item |