ANALISIS GEJALA STEREOTYPE PADA LUKISAN ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP

Dwi Purama, Ratri (2016) ANALISIS GEJALA STEREOTYPE PADA LUKISAN ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img] Text
SKRIPSI RATRI DWI PURAMA.PDF
Restricted to Repository staff only until 19 April 2019.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk gejala stereotype yang ada pada anak sekolah dasar di Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah lukisan anak sekolah dasar di Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Penelitian difokuskan pada bentuk gejala stereotype pada lukisan anak sekolah dasar di Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi pada beberapa sampel hasil lukisan anak sekolah dasar di Kecamatan Binangun. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa gejala stereotype yang ditemui pada anak sekolah dasar kelas 4-5-6 di Kecamatan Binangun terdapat tiga bentuk yaitu: (1) gejala Stereotype total dimana anak mengulang semua bentuk yang ada pada lukisan pertama dan menggambarkanya kembali pada lukisan ke dua, (2) gejala Stereotype objek merupakan perulangan bentuk tertentu pada suatu lukisan, gejala ini muncul pada lukisan anak ketika anak harus melukis satu bentuk yang banyak sehingga kecenderungan anak menggambarkan objek yang sama pada satu lukisanya, (3) gejala stereotype unsur dimana anak memaksakan suatu bentuk pada bentuk gambar lain, misalnya anak melukiskan matahari seperti bentuk wajah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:19
Last Modified: 30 Jan 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31196

Actions (login required)

View Item View Item