LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 DI SMP N 3 SEWON

Oktavia Fitriani, Oktavia Fitriani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 DI SMP N 3 SEWON. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan PPL oktavia.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi adalah bidang pendidikan atau pengajaran, yaitu PPL. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan setelah lulus dalam praktik pengajaran mikro. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari pengalaman yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Nilai-nilai positif tersebut perlu diterapkan dalam lingkungan sekolah. Lokasi PPL UNY 2015 bertempat di SMP Negeri 3 Sewon, yang beralamatkan di Kaliputih, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Lokasi tersebut merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul. PPL di SMP N 3 Sewon dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 11 September 2015. Kemudian mahasiswa ditarik oleh DPL Pamong pada tanggal 12 September 2015. Pelaksanaan PPL dilakukan meliputi dua kegiatan, yaitu kegiatan mengajar dan nonmengajar. Kegiatan mengajar merupakan kegiatan yang penting sesuai dengan tujuan utama PPL, yaitu pengajaran. Namun demikian, sebagai tenaga pendidik juga perlu berinteraksi dengan sekolah maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan sekolah. Oleh karena itu, perlu juga mahasiswa PPL melaksanakan kegiatan nonmengajar. Selama PPL berlangsung, praktik mengajar dilaksanakan selama sembilan kali. Pelaksanaan delapan kali terbimbing di kelas, dan satu kelas mengajar untuk penilaian dari USAID (United State Agency for International Development). USAID merupakan lembaga yang bekerja sama dengan sekolah dan UNY, salah satunya dalam bidang pendidikan yang menilai keberlangsungan mahasiswa PPL UNY yang praktik mengajar di SMP N 3 Sewon. Praktik mengajar terbimbing di SMP N 3 Sewon dilaksanakan di kelas VII A, VIII B, dan VIII D, sesuai dengan kelas yang diampu oleh guru pembimbing lapangan. Praktik mengajar tersebut selalu dibimbing dan didampingi oleh guru pembimbing, dengan menggunakan silabus dari guru, dan berbagai teknis pembelajaran di kelas. Mahasiswa PPL secara mandiri membuat RPP, membuat media, dan mempersiapkan persiapan mengajar lainnya. Namun demikian, guru pembimbing lapangan selalu mengontrol, membimbing, merefleksi, dan mengoreksi pekerjaan dari mahasiswa PPL sehingga pembelajaran di kelas terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Kegiatan PPL ini, mahasiswa PPL mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerja sama, kerja keras, dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, Kegiatan di Sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31185

Actions (login required)

View Item View Item