IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIIWIIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI WILAYAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Dian Ajeng, Lestari (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIIWIIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI WILAYAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNY.

[img] Text
IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_KIIWIIA_DALAM_MENGHADAPI_PELAKSANAAN_KURIKULUM_TINGKAT_SATUAN_PENDIDIKAN.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (K"1'SP), (2) kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran kimia dalam mendukung pelaksanaan KTSP, (3) hubungan kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran kimia dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi KTSI', (4) serta kendala-kendala yang dihadapi guru kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP pada SMA di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptii; yang populasinya adalah SMA dl Kabupaten Gunungkidul, serta sampelnya sebanyak 1 1 SMA yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diambil melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. 'l"eknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik rata-rata persentase dan korelasi product moment antara sarana dan prasarana pendukung pembelajaran kimia dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi K"fSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP pada SMA di wilayah Kabupaten Gunungkidul terniasuk kategori sangat tinggi ($4,25 °/'O), meskipun sarana dan prasarana yang mendukung hanya memiliki kategori sedang (64,45 °/o). Dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh besarnya nilai koefisien korelasi r hitung sebesar 0,03. Harga r hitung yang cliperoleh lebih kecil daripada r tabel (N=l l) pada taraf signifikansi 5 % yaitu sebesar 0,602, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signitikan antara kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran kimia dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi KTSP. Ditemukan pula, bahwa dalam implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP pada SMA di wilayah Kabupaten (Junungkidul terdapat beberapa kendala-kendala dalam hal persiapan, pelaksanaan, dan penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 29 Jan 2019 15:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3116

Actions (login required)

View Item View Item