ENGARUH NILAI INTRINSIK PEKERJAAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MOTIVASI PEMILIHAN KARIER SEBAGAI AKUNTAN (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)

Kurnia Sari, Lilis (2016) ENGARUH NILAI INTRINSIK PEKERJAAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MOTIVASI PEMILIHAN KARIER SEBAGAI AKUNTAN (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_LILIS KURNIA SARI_12812141005.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh: (1) Nilai Intrinsik Pekerjaan pada Profesi Akuntan terhadap Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan, (2) Lingkungan Kerja pada Profesi Akuntan terhadap Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan, (3) Pertimbangan Pasar Kerja pada Profesi Akuntan terhadap Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan, (4) Nilai Intrinsik Pekerjaan, Lingkungan Kerja, dan Pertimbangan Pasar Kerja pada Profesi Akuntan secara bersama-Sama terhadap Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 363 mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2012, 2013, 2014, dan 2015 dengan sampel penelitian sebanyak 192 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai Intrinsik Pekerjaan pada Profesi Akuntan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Koefisien determinasi 0,208 yang berarti bahwa Nilai Intrinsik Pekerjaan mempengaruhi Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan sebesar 20,8%. (2) Lingkungan Kerja pada Profesi Akuntan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan. Hal ini ditunjukkan dengan Koefisien determinasi 0,191 yang berarti Lingkungan Kerja mempengaruhi Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan sebesar 19,1%. (3) Pertimbangan Pasar Kerja pada Profesi Akuntan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Pemilihan Karier Sebagai Akuntan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Koefisien determinasi 0,395 yang berarti Lingkungan Kerja mempengaruhi Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan sebesar 39,5%. (4) Nilai Intrinsik Pekerjaan, Lingkungan Kerja, dan Pertimbangan Pasar Kerja pada Profesi Akuntan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan. Hal ini dibuktikan dengan Nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel yaitu 59,436 > 3,89.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan, Nilai Intrinsik Pekerjaan, Lingkungan Kerja, Pertimbangan Pasar Kerja.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 18 Apr 2016 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31155

Actions (login required)

View Item View Item