PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Fitri Sulastri, Marlina (2016) PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-MARLINA FITRI SULASTRI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Komputer Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dengan penerapan Strategi Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari XI Akuntansi 1, XI Akuntansi 2, dan XI Akuntansi 3. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh peningkatan Hasil Belajar Komputer Akuntansi aspek kognitif pada siklus I perolehan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan KKM kelas XI Akuntansi 1 sebesar 50,33 dan 6,67%, kelas XI Akuntansi 2 sebesar 70,67 dan 60%, kelas XI Akuntansi 3 sebesar 58,33 dan 22,22%. Pada siklus II terjadi peningkatan perolehan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan KKM kelas XI Akuntansi 1 sebesar 84,64 dan 80%, XI Akuntansi 2 sebesar 88,21 dan 86,67%, kelas XI Akuntansi 3 sebesar 76,94 dan 55,56%. Pada siklus III peningkatan perolehan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan KKM kelas XI Akuntansi 1 menjadi sebesar 94,64 dan 93,33%, XI Akuntansi 2 menjadi sebesar 90,33 dan 100%, XI Akuntansi 3 menjadi sebesar 88,24 dan 100%. Hasil Belajar Komputer Akuntansi aspek afektif pada siklus I perolehan rata-rata skor kelas XI Akuntansi 1 sebesar 54,83%, kelas XI Akuntansi 2 sebesar 79,50%, kelas XI Akuntansi 3 sebesar 76,83%. Pada siklus II terjadi peningkatan perolehan rata-rata skor kelas XI Akuntansi 1 sebesar 69,33%, kelas XI Akuntansi 2 sebesar 83,67%, kelas XI Akuntansi 3 sebesar 82%. Pada siklus III peningkatan perolehan rata-rata skor kelas XI Akuntansi 1 menjadi sebesar 85,83%, kelas XI Akuntansi 2 sebesar 89%, kelas XI Akuntansi 3 sebesar 84,50%. Hasil Belajar Komputer Akuntansi aspek psikomotorik pada siklus I perolehan rata-rata skor kelas XI Akuntansi 1 sebesar 70,50%, kelas XI Akuntansi 2 sebesar 76,83%, kelas XI Akuntansi 3 sebesar 69,83%. Pada siklus II terjadi peningkatan perolehan rata-rata skor kelas XI Akuntansi 1 sebesar 75,50%, kelas XI Akuntansi 2 sebesar 81,33%, kelas XI Akuntansi 3 sebesar 75,33%. Pada siklus III peningkatan perolehan rata-rata skor kelas XI Akuntansi 1 menjadi sebesar 83,17%, kelas XI Akuntansi 2 sebesar 86%, kelas XI Akuntansi 3 sebesar 81,50%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, hasil belajar komputer akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 18 Apr 2016 02:40
Last Modified: 30 Jan 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31154

Actions (login required)

View Item View Item