LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMK N 2 SEWON Cangkringmalang, Timbulharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta

SILVIA OKSA, SILVIA OKSA (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMK N 2 SEWON Cangkringmalang, Timbulharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_Silvia Oksa_LPPMP.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa program studi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berlangsung selama 1 bulan dari tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 yang berlokasi di SMK Negeri 2 Sewon. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 21 mahasiswa dari 8 Program Studi, yaitu: Pendidikan Teknik Informatika, Pendidikan Seni Kerajinan, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Keolahragaan dan Rohani, Pendidikan Seni Rupa, dan Bimbingan Konseling. SMK Negeri 2 Sewon terdapat 4 program keahlian yakni: Multimedia, Kriya Tekstil, Deskomvis dan Busana Butik. Mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika mengajar siswa di program keahlian Multimedia. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penyusunan materi, pembuatan media, pembuatan soal, praktik mengajar mandiri, evaluasi dan tindak lanjut, serta kegiatan persekolahan yang lain. Dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan Praktik Mengajar Mandiri selama 5 kali pertemuan dengan 6 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Mahasiswa mengajar 2 mata pelajaran yakni Merakit PC dengan jumlah 2 kelas yakni kelas X MM 1 dan kelas X MM 3, dan Menggabungkan Gambar 2D kedalam Multimedia dengan jumlah 1 kelas yakni kelas XI MM 1. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok dan presentasi. Media yang digunakan adalah Microsoft Powerpoint tentang materi, laptop, LCD, dan papan tulis. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan lancar, namun tetap saja mahasiswa menemui hambatan dalam pelaksanaan Praktik PPL tersebut, antaranya sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk proses pembelajaran, tingkat pemahaman materi yang tidak sama antar siswa, terjadinya kesenjangan keaktifan siswa dan kemampuan siswa, terdapat beberapa siswa yang sulit dikondisikan pada saat proses belajar. Munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Tetapi hal tersebut dapat di atasi dengan adanya bantuan dari berbagai pihak. Keberadaan mahasiswa PPL UNY 2015 diharapkan dapat membuat perubahan–perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2016 02:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31152

Actions (login required)

View Item View Item