EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM, PROSES PEMBELAJARAN, SARANA DAN PRASARANA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIOAL (RSBI) BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON DI SMKN 2 KEBUMEN

Nuryadin, Nuryadin (2016) EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM, PROSES PEMBELAJARAN, SARANA DAN PRASARANA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIOAL (RSBI) BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON DI SMKN 2 KEBUMEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nuryadin11505247005).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM, PROSES PEMBELAJARAN, SARANA DAN PRASARANA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIOAL (RSBI) BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON DI SMKN 2 KEBUMEN Oleh Nuryadin NIM 11505247005 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tercapainya pelaksanaan kurikulum, proses pembelajaran, dan sarana & prasarana Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Bidang Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton di SMKN 2 Kebumen. Variabel penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan Kurikulum (2) Pelaksanaan Proses Pembelajaran (3) Sarana dan Prasarana. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Kebumen dimulai dari tanggal 03 – 22 September 2012. Populasinya adalah mata pelajaran normative dan adaptif sedangkan untuk sampelnya diambil dengan Purposive sample 4 mata pelajaran normative dan 4 mata pelajaran adaptif. Untuk sumber data yaitu dari guru dan siswa. Instrumen berupa angket, yang terdiri dari angket pelaksanaan kurikulum, angket pelaksanaan proses pembelajaran, dan angket sarana & prasarana. Angket pelaksanaan kurikulun dengan responden guru, angket proses pembelajaran dengan responden guru serta siswa dan angket sarana & prasarana dengan responden siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil Kajian penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Ketercapaian pelaksanaan kurikulum berada pada kategori baik dengan rerata (mean) sebesar 78,60% (2) Ketercapaian pelaksanaan proses pembelajaran yang sesuai dengan sekolah standar internasional berada pada kategori baik dengan rerata (mean) sebesar 74,94% dari responden guru dan 67,94% dari responden siswa, 3) Sarana dan prasarana berada pada kategori kurang baik dengan rerata (mean) 67,79%. Kata Kunci : SMKN 2 Kebumen, Teknik Konstruksi Batu Beton, Pelaksanaan Pembelajaran SMK RSBI

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 Apr 2016 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31143

Actions (login required)

View Item View Item