LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Ernita Raharja, Ernita Raharja (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ERNITA RAHARJA_P.B.INGGRIS_12202241058.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah terlaksana dalam kurun waktu sebulan, yakni tanggal 10 Agustus-12 September 2015 di SMK N 2 Sewon merupakan serangkaian kegiatan yang berfokus pada proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan yang telah dilaksanakan selama PPL berfokus pada penyusunan Kegiatan Belajar Mengajar dengan segala hal yang dapat mendukung suksesnya setiap KBM yang telah dirancang. Praktik mengajar dengan segala persiapannya telah dilaksanakan sebanyak 9 (sembilan) kali tatap muka dengan menggunakan 6 RPP beserta media, materi, dan lembar penilaian. Sembilan kali tatap muka tersebut terlaksana di kelas XI Tekstil 3, XI Tekstil 1, dan XI Dekomvis 1. Setiap praktik mengajar yang dapat direalisasikan ditempuh melalui tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Melalui pengalaman praktik mengajar praktikan dapat mengambil banyak manfaat seperti memperluas wawasan mengajar, meningkatan ketrampilan dalam memanajemen kelas, kemandirian, tanggung jawab, kemampuan memecahkan masalah, dan pengembangan kompetensi sebagai seorang calon pendidik. Secara garis besar, kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran dan kegiatan lain yang mendukung KBM dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pribadi praktikan, siswa, guru dan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Kegiatan PPL juga merupakan upaya menciptakan inovasi-inovasi baru dalam KBM sehingga dapat tercipta hubungan mutualisme dengan guru-guru di SMK N 2 Sewon yang juga telah berperan sangat banyak dalam memberikan arahan, bimbingan, dan bantuan. Praktik Pengalaman Lapangan pada akhirnya sangat bermanfaat dalam mengembangkan empat kompetensi guru sebagai pilar menuju guru yang bermafaat bagi orang-orang disekitarnya. Melalui ekosistem yang terdapat di SMK N 2 Sewon, mahasiswa praktikan ditempa untuk mengembangkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan intrapersonal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2016 01:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31141

Actions (login required)

View Item View Item