STUDI TENTANG PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGHIAS BANDANA DENGAN TEKNIK SULAMAN “BOURCI” DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

Nurwidyaningsih, Nurwidyaningsih (2016) STUDI TENTANG PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGHIAS BANDANA DENGAN TEKNIK SULAMAN “BOURCI” DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nurwidyaningsih 07513242010.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK STUDI TENTANG PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGHIAS BANDANA DENGAN TEKNIK SULAMAN “BOURCI” DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA Oleh : Nurwidyaningsih 07513242010 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis gambaran : 1) Pelaksanaan model pembelajaran langsung menghias bandana dengan teknik sulam“bourci” di SMK Muhammadiyah Berbah Sleman Yogyakarta. 2) Faktor– faktor yang menjadi hambatan dalam proses pelaksanaan pembelajaran menghias bandana dengan teknik sulaman “bourci” di SMK Muahammadiyah Berbah Sleman Yogyakata. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan tata busana di SMK Muhammadiyah Berbah Sleman Yogyakarta yang berjumlah 65 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang mempunyai 4 alternatif jawaban, Observasi dan Dokumentasi. Validitas instrumenya menggunakan validitas isi. Sedangkan reliabilitas instumennya menggunakan Alpha Chronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pelaksanaan Model Pembelajaran Langsung Menghias Bandana Dengan Teknik Sulaman “bourci” di SMK Muhammadiyah Berbah Sleman Yogyakarta, termasuk dalam kategori baik dengan harga rerata (Mi) sebesar 63, 47; Median (Me) = 64,00; Modus (Mo) = 65,00; dan Standar Deviasi (SD) = 5,244. Diketahui 25 dari 65 (38,46%) siswa termasuk dalam kategori sangat baik, 38 dari 65 (58,46%) siswa termasuk dalam kategori baik, sedangkan 2 dari 65 (3,07%) siswa termasuk kategori cukup baik. Dan tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori tidak baik. Dengan demikian 38 dari 65 siswa (58,46%), menyatakan bahwa dalam pelaksanaannya guru telah melakukan persiapan pembelajaran dan sudah menggunakan metode pembelajaran dengan baik, hanya saja belum memanfaatkan media yang sempurna dalam hal ini guru belum menggunakan media job sheet yang memuat contoh-contoh gambar yang menarik dan gambar teknik pengerjaannya. Kata kunci : Pembelajaran, menghias bandana, sulaman “bourci”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 Apr 2016 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31140

Actions (login required)

View Item View Item