KAJIAN PRAGMATIK IKLAN BERBAHASA JAWA PADA RADIO POP FM 97,7 FM TEGAL

Sholihah, Mira Anjaswati (2013) KAJIAN PRAGMATIK IKLAN BERBAHASA JAWA PADA RADIO POP FM 97,7 FM TEGAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mira Anjaswati Sholihah 08205241034.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tuturan persuasif dalam iklan berbahasa Jawa pada radio Pop FM 97,7 FM Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tuturan persuasif iklan berbahasa Jawa pada radio Pop FM 97,7 FM Tegal dan untuk mendeskripsikan fungsi tuturan persuasif iklan berbahasa Jawa pada radio Pop FM 97,7 FM Tegal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada jenis dan fungsi tuturan persuasif yang ditemukan dalam iklan berbahasa Jawa pada radio Pop FM 97,7 FM Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sadap dilanjutkan dengan teknik SBLC, teknik rekam, dan teknik catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tabel analisis data dibantu kartu data. Adapun teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik deskriptif melalui (1) klasifikasi jenis tuturan persuasif berdasarkan penanda masing-masing jenis tuturan persuasif (2) klasifikasi fungsi tuturan persuasif berdasarkan diksi atau satuan lingual, maksud tuturan, tujuan tuturan, dan konteks yang melingkupi tuturan tersebut. Validitas yang digunakan adalah validitas semantik. Reliabilitas data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, yaitu berupa kegiatan pengamatan secara rinci, berkesinambungan, berulang-ulang terhadap objek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tuturan persuasif berbahasa Jawa yang terdapat dalam iklan pada radio Pop FM 97,7 FM Tegal ditemukan jenis tuturan persuasif yang berupa kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat perintah. Fungsi tuturan persuasif iklan berbahasa Jawa pada radio di Tegal yang ditemukan adalah fungsi meyakinkan, mengingatkan, menyuruh, melarang, mengajak, dan menasihati. Fungsi-fungsi tersebut sangat penting karena bahasa iklan audio di Radio memerlukan bahasa yang persuasif untuk bisa meyakinkan pendengar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tuturan persuasif, iklan berbahasa Jawa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 18 Apr 2016 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31139

Actions (login required)

View Item View Item