AKTIVITAS PERMAINAN HALANG RINTANG TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI PESERTA EKSTRAKURIKULER TAEKWONDO SMA KOLOMBO YOGYAKARTA

Rizki Julian (2016) AKTIVITAS PERMAINAN HALANG RINTANG TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI PESERTA EKSTRAKURIKULER TAEKWONDO SMA KOLOMBO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
julian.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya kemampuan biomotor power otot tungkai peserta ekstrakurikuler taekwondo pada SMA Kolombo Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran dengan modifikasi permainan terhadap peningkatan kemampuan power otot tungkai peserta ektrakurikuler taekwondo SMA Kolombo Yogyakarta. (2) Seberapa besar peningkatan kemampuan power otot tungkai peserta ekstrakurikuler taekwondo SMA Kolombo Yogyakarta yang menggunakan metode pendekatan aktivitas halang rintang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “one group pretest-posttest design”. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan vertical jump test. Penelitian ini akan membandingkan hasil pretest dan posttest vertical jump dengan validitas sebesar 0,978 dan reliabilitas sebesar 0,989 (Widiastuti, 2015). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta ektrakurikuler taekwondo di SMA Kolombo Yogyakarta yang berjumlah 11 peserta. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu teknik penentuan dengan pertimbangan tertentu. Pengujian normalitas sebaran data menggunakan Kolmogorov-Smirnov Test. Uji homogenitas menggunakan uji F dari data pretest dan posttest. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, yaitu dengan membandingkan antara hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara permainan halang rintang terhadap peningkatan power otot tungkai peserta ekstrakurikuler taekwondo SMA Kolombo Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata peningkatan (selisih antara pretest dan posttest) sebesar 6.00. Hasil ini menunjukan bahwa kemampuan biomotor power otot tungkai pada peserta ekstrakurikuler taekwondo SMA Kolombo Yogyakarta setelah berlatih dengan aktivitas halang rintang meningkat sebesar 6.00 atau 13.6%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: taekwondo, metode bermain dalam latihan, aktivitas halang rintang, kemampuan biomotor power otot tungkai.
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:18
Last Modified: 30 Jan 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31138

Actions (login required)

View Item View Item