PEMBELAJARAN PROGRAM KETERAMPILAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN KELAS XII DI MAN 2 WATES YOGYAKARTA

Nurul, Khotimah (2016) PEMBELAJARAN PROGRAM KETERAMPILAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN KELAS XII DI MAN 2 WATES YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nurul Khotimah - 04511241011.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

PEMBELAJARAN PROGRAM KETERAMPILAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN KELAS XII DI MAN 2 WATES YOGYAKARTA Oleh Nurul Khotimah NIM. 04511241011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan 1)model pembelajaran program keterampilan TPHP di MAN 2 Wates dilihat dari aspek input, 2)model pembelajaran program keterampilan TPHP di MAN 2 Wates dilihat dari aspek proses dan 3)model pembelajaran program keterampilan TPHP di MAN 2 Wates dilihat dari aspek output(evaluasi pembelajaran). Subjek penelitian ini adalah Program Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian di MAN 2 Wates. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik pengorganisasian data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut 1)Model pembelajaran dilihat dari aspek input meliputi materi yang diberikan dengan bobot 25% untuk teori dan 75% untuk praktik. Sumber belajar yang digunakan meliputi buku, media cetak, media elektronik. Strategi pembelajaran yang digunakan guru sudah dibuat secara tertulis yang tertuang dalam RPP. Penggunaan strategi dan metode pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan.Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, studi mandiri, pemberian tugas. Sarana (alat/media) pembelajaran dalam katagori sangat memadai untuk pembelajaran. Input pembelajaran 100% dapat terlaksana.2)Model pembelajaran dilihat dari aspek proses yaitu silabus dan RPP disusun pada tiap awal semester oleh guru yang bersangkutan. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari 3 tahap kegiatan yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Tahap pendahuluan diawali dengan salam dan berdoa, presensi dan apersepsi, dilanjutkan dengan menjelaskan tujuan pembelajaran, dan memberikan penjelasan pokok-pokok masalah. Tahap kegiatan inti, guru menjelaskan materi, kemudian menggunakan media seperti hand out, job sheet, transparansi atau media yang lain sesuai dengan kebutuhan. Terakhir adalah kegitan penutup, guru menarik kesimpulan dan evaluasi dengan melibatkan siswa, memberi tugas. Guru menutup pelajaran dengan salam dan doa. Proses pembelajaran 97,4% dapat terlaksana. 3)Model pembelajaran dilihat dari aspek output adalah evaluasi kognitif dan evaluasi afektif-psikomotorik. Dari hasil penilaian siswa wajib mengikuti remidi bagi yang belum kompeten. Dalam pembelajaran ini 100% ketuntasan belajar dapat tercapai dengan nilai ratarata 71,25 untuk nilai ulangan dan 80,45 untuk nilai praktik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 Apr 2016 01:21
Last Modified: 30 Jan 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31126

Actions (login required)

View Item View Item