PENGARUH LATIHAN SKIPPING TERHADAP TINGGI LONCATAN SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 SRANDAKAN BANTUL

Nafi Arga Aditya (2016) PENGARUH LATIHAN SKIPPING TERHADAP TINGGI LONCATAN SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 SRANDAKAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini karena lemahnya loncatan para peserta ekstrakurikuler dalam bermain bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan skipping terhadap tinggi loncatan siswa peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Srandakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Srandakan dengan jumlah 20 siswa. Sampel diambil dari dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria yaitu; (1) Siswa SMP Negeri 1 Srandakan yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli, (2) aktif mengikuti ekstrakurikuler bola voli, (3) bisa melakukan skipping minimal 10 kali dalam 10 detik. Berdasar kriteria tersebut yang memenuhi syarat adalah berjumlah 15 anak. Intrumen yang digunakan untuk tes tinggi loncatan adalah vertical jump . Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh latihan skipping terhadap peningkatan tinggi loncatan pada siswa peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Srandakan, dengan t hitung 5,303 > t tabel 2,13, dan dari data pretest memiliki rerata 37,53 cm, selanjutnya pada saat post-test rerata mencapai 41,00 cm. Besarnya perubahan tinggi loncatan tersebut dapat dilihat dari perbedaan nilai ratarata yaitu sebesar 3,47 cm dan dengan kenaikan presentase sebesar 9,24%. Dari hasil ini dapat disimpulkan latihan skipping berpengaruh untuk meningkatkan tinggi loncatan siswa peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Srandakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan, skipping, ekstrakurikuler, tinggi loncatan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:18
Last Modified: 11 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31123

Actions (login required)

View Item View Item