NURUL, FIKAR (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Nurul Fikar.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: NURUL FIKAR 12504247010 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat kecenderungan masing-masing variabel, (2) untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi siswa, (3) untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi siswa, (4) untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan lingkungan belajar secara bersamaan dengan prestasi siswa kelas XI jurusan teknik otomotif di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Subyek penelitian ini 120 siswa atau seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Pengumpulan data kecerdasan emosional dan lingkungan belajar dilakukan metode kuesioner dengan menggunakan angket sedangkan data prestasi belajar dengan metode dokumentasi. Uji coba instrumen dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi ganda untuk mengetahui hubungan antara variabel kecerdasan emosional dan lingkungan belajar dengan prestasi siswa kelas XI.. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa variabel kecerdasan emosional dengan kategori baik 53,3%, cukup 46,7%. Lingkungan belajar dengan kategori baik 49,3%, cukup 38,2%, kurang 12,5%. Prestasi siswa kategori cukup 62,5%, baik 26,6%, kurang 10,9%. Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi siswa, dengan nilai koefisien korelasi variabel kecerdasan emosional sebesar 0,789 dan taraf signifikansi 0,000. Terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,764 dan taraf signifikansi 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari ρ-value yaitu 0,000<0,05 dan memiliki tingkat hubungan tinggi setelah dikonsultasikan dengan tabel interval skor. Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan lingkungan belajar dengan prestasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 128,789. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Lingkungan belajar, Prestasi siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 18 Apr 2016 01:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31120 |
Actions (login required)
View Item |