Peranan Siaran Televisi Edukasi Dalam Mendukung Terciptanya Sumber Belajar dan Motivasi Belajar Siswa SMP di Kodya Yogyakarta

Kurniawan, Muhammad Ragil (2013) Peranan Siaran Televisi Edukasi Dalam Mendukung Terciptanya Sumber Belajar dan Motivasi Belajar Siswa SMP di Kodya Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-ragil-kurniawan-09707251011.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peranan siaran televisi edukasi (TVe) sebagai sumber belajar bagi siswa Sekolah Menengah Pertama di Kodya Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkap peran siaran televisi edukasi (TVe) dalam meningkatkan motivasi belajar bagi siswa Sekolah Menengah Pertama di Kodya Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yang menggunakan metode gabungan (mixed method) yaitu penelitian kuantitatif jenis survei dengan penelitian kualitatif. Penelitian ini menitikberatkan pada penelitian kuantitatif jenis survei, sedangkan data pendukungnya menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah 17 SMP di Kodya Yogyakarta yang mendapatkan bantuan perangkat keras televisi beserta panduan pemanfaatan siaran TV edukasi dari program TV edukasi. Objek penelitian untuk mendapatkan data kuantitatif terdiri atas kepala sekolah dan seorang guru. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling random bertingkat. Enam sekolah sampel diambil secara acak yang sebelumnya telah dikelompokkan berdasarkan kategori tingkat akreditasi. Teknik pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan angket. Sedangkan pengumpulan data kualitatif menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siaran TV edukasi belum memberikan peran yang signifikan dalam meningkatkan sumber belajar bagi siswa SMP di Kodya Yogyakarta. Sebanyak 64,86% responden menyatakan belum merasakan keberadaan siaran TV edukasi sebagai sumber belajar. Responden yang menyatakan siaran TV edukasi telah berperan sebagai sumber belajar hanya sebanyak 35,11%. (2) Siaran TV edukasi belum berperan yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar bagi siswa SMP di Kodya Yogyakarta. Sebanyak 66,35% responden menyatakan siaran TV edukasi tidak berperan dalam menciptakan motivasi belajar siswa. Responden yang menyatakan siaran TV edukasi telah mendukung terciptanya motivasi belajar siswa hanya sebanyak 33,65%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: televisi edukasi (TVe), sumber belajar, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2016 23:58
Last Modified: 29 Jan 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31115

Actions (login required)

View Item View Item