Pengembangan E-learning dengan Pendekatan Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhamadiyah 2 Yogyakarta

Kusumaningrum, Dyah Ayu (2013) Pengembangan E-learning dengan Pendekatan Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhamadiyah 2 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dyah-ayu-kusumaningrum-11707251013.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-learning, mengetahui kelayakan e-learning dan mengetahui keefektifan implementasi e-learning dengan pendekatan teori belajar kogntif multimedia pembelajaran pada program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah R&D (Research and Development), yaitu penelitian untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Terdapat empat tahapan dalam pengembagan e-learning, meliputi (1) planning tahap ini merupakan tahap perencanaan sebelum produk awal ditentukan dan dikembangkan, hal yang dilakukan yaitu: studi pustaka, studi lapangan, menetukan topik, menentukan standar kompetensi, menentukan kompetensi dasar, dan menyusun silabus, (2) design, tahap ini merupakan tahap pengembangan ide – ide awal, beberapa hal yang dilakukan yaitu mengembangkan bahan pembelajaran dan membuat flowchart produk,(3) development, tahap ini merupakan kegiatan mengembangkan produk hingga validasi program, tahap yang dilakukan adalah produksi e-learning dan uji kelayakan e-learning, uji kelayakan e-learning dilakukan oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi, serta uji respon siswa terhadap e-learning, (4) Sumative evaluation, yaitu tahap pengevaluasian untuk mengetahui keefektifan e-learning berdasarkan hasil belajar kognitif. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan e-learning adalah moodle (sebuah course management system yang digunakan untuk membuat sebuah proses belajar dapat dilakukan secara online). Hasil pengembangan produk e-learning berupa model sistem pembelajaran (LMS) online yang dibuat dengan software aplikasi moodle versi 2.4 dengan alamat http://etkj.web.id. E-learning layak sebagai media pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan berdasarkan uji kelayakan dari aspek media 3.88 (baik), aspek materi 3.88 (baik) dan tanggapan siswa 3.64 (baik). Keefektivan pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan dengan menggunakan media e-learning terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hasil belajar kognitif siswa rerata pretest: KD-3 65.83, KD-4.1 67.22, dan KD-4.2 62.50, dan hasil rerata post-test KD-3 76.11, KD-4.1 74.17, dan KD-4.2 69.17. Pencapaian ketuntasan belajar klasikal pada saat pre-test KD-3 58.33% tuntas, KD-4.1 58.33% tuntas, dan KD-4.2 54.17% , sedangkan pada saat post-test KD-3 79.17% tuntas, KD-4.1 70.83% tuntas dan KD-4.2 75% tuntas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, teori kognitif multimedia pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2016 12:24
Last Modified: 29 Jan 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31111

Actions (login required)

View Item View Item