PUTRI, ANANDA (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
Skripsi_Ananda Putri_12803244063.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi dan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu Media Ular Tangga Akuntansi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Reserch (CAR). Penelitian ini dilakukan secara bersama-sama oleh guru akuntansi SMA Negeri 2 Sleman dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan tes sedangkan untuk instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu Media Ular Tangga Akuntansi dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi dengan rata-rata keseluruhan dari siklus I dengan persentase 71,90%, naik menjadi 79,46% pada siklus II dan naik lagi menjadi 83,93% pada siklus III, sedangkan Prestasi Belajar Akuntansi dengan rata-rata nilai post-test siklus I adalah 70,69, meningkat menjadi 72,86 pada post-test siklus II dan pada post-test siklus III rata-rata nilai meningkat menjadi 88,21. Siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siklus I sebanyak 16 siswa atau 55,2%, mengalami kenaikan pada siklus II sebanyak 22 siswa atau 78,6%, dan naik lagi pada siklus III sebanyak 25 siswa atau 89,3%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar Akuntansi, Prestasi Belajar Akuntansi , Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantu Media Ular Tangga Akuntansi |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 06:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |