LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Trialita Ika Rahmawati, Trialita Ika Rahmawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRIALITA IKA RAHMAWATI_12302241021_PEND. FISIKA-FMIPA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan dengan berlangsungnya pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik/ tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang nantinya akan menjalani profesi sebagai seorang pendidik dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Selain itu, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung. PPL yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Piyungan yang berlokasi di Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul berlangsung selama 5 minggu, yaitu dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan praktik mengajar ini dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2015 dan dilakukan di kelas dengan jumlah mengajar minimal 6 kali pertemuan. Proses Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Piyungan dapat dikatakan berjalan lancar. Selama PPL mahasiswa memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Praktik mengajar ini dapat berjalan lancar berkat bantuan dan bimbingan dari guru pembimbing maupun dosen pembimbing. Dengan adanya PPL, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa sehingga mahasiswa tau masalah yang dialami siswa dan cara mengatasinya. Kegiatan PPL ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Dengan adanya kegiatan PPL, mahasiswa dapat belajar cara mengajar, mengelola kelas, dan menghadapi siswa. Mahasiswa juga memperoleh kegiatan berharga serta hubungan kekeluargaan dengan siswa, guru, dan masyarakat sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMA Negeri 1 Piyungan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Apr 2016 06:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31104

Actions (login required)

View Item View Item