LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Merci Robbi Kurniawanti, Merci Robbi Kurniawanti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MERCI ROBBI KURNIAWANTI_12406244014_FIS_PEND SEJARAH.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik/ tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang nantinya akan menjalani profesi sebagai seorang pendidik dalam rangka melatih dan mengembangkan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Selain itu, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung. PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Piyungan yang berlokasi di Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul dan berlangsung selama kurang lebih 5 minggu, yaitu sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan ini berupa praktik mengajar terbimbing yang diselenggarakan oleh pihak SMA Negeri 1 Piyungan. Praktik mengajar dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2015 dan dilakukan di kelas dengan jumlah mengajar minimal 6 kali pertemuan. Mata Pelajaran sejarah di SMA N 1 Piyungan itu sendiri diajarkan dari kelas X sampai kelas XII. Akan tetapi untuk kelas XI IPS dan XII IPS mata pelajaran sejarah memiliki alokasi waktu 2 jam pelajaran, sedangkan untuk kelas X, XI IPA dan XII IPA hanya 1 jam pelajaran saja. Sebagaimana diketahui bahwa selama ini mata pelajaran sejarah kurang diminati karena membosankan dan monoton. Hal tersebut dikarenakan kurangnya refleksi dalam sejarah. Sejarah hanya berkutat pada hafalan angka dan tahun, padahal sejarah dapat menjadikan kita lebih bijak. Sejarah mengandung tiga dimensi waktu, yaitu masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang. Oleh karena itu, ini menjadi PR bersama bagi para guru sejarah, termasuk mahasiswa PPL UNY yang akan mengampu mata pelajaran tersebut. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar walaupun terdapat kendala pada awalnya. Kendala-kendala ini dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing dan terus memperbaiki diri selama proses pembelajaran berupa PPL. Dengan adanya PPL, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi berbagai kondisi dan situasi yang ada di kelas. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa dengan segala keragaman dan problematika yang dihadapinya. Dapat dikatakan, proses PPL mahasiswa di SMA Negeri 1 Piyungan berjalan dengan lancar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Aplikasi ilmu selama di kampus benar-benar diterapkan saat PPL berlangsung. Miskonsepsi yang dahulu diterima waktu mahasiswa berada di bangku sekolah bisa diperbaiki karena sudah tahu hal-hal yang tepat di universitas dan bisa ditransfer kepada siswa. Mahasiswa PPL juga belajar tentang manajemen kelas dan bagaimana cara mengelolanya. Hal yang paling penting dari PPL ini adalah mahasiswa memperoleh kegiatan berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan siswa, guru, maupun masyarakat sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMA Negeri 1 Piyungan, Sejarah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Apr 2016 04:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31092

Actions (login required)

View Item View Item