Nurkholis Farid, Muhajir (2011) PELAKSANAAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
THE_IMPLEMENTATION_OF_ISO_9001-2008.pdf Download (70kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan sistem manajemen mutu yang berstandar ISO 9001:2008 di SMK PIRI 1 Yogyakarta mulai dari proses persiapan pengajuan sertifikasi, pelaksanaan, serta evaluasi (audit) yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, untuk menyajikan situasi sosial yang terjadi apa adanya. Objek penelitian yaitu sistem manajemen mutu SMK PIRI 1 Yogyakarta dengan informan kunci kepala sekolah, manajemen representatif (MR), wakil-wakil kepala sekolah dan kaprodi semua jurusan. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara serta dokumentasi, kemudian dianalisa memakai teknik reduksi data, penyajian data, kemudian dilakukan pengambilan kesimpulan, sehingga data dapat tersampaikan dan mudah dipahami. Sedangkan untuk memperoleh keabsahan data, menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen SMK PIRI 1 Yogyakarta: (1) Persiapan pengajuan sertifikat ISO 9001:2008, dilakukan dengan adanya komitmen manajemen, konsultasi dengan konsultan ISO, dilanjutkan proses pelatihan, pembentukan MR dan tim ISO, penyusunan kelengkapan dokumen (kebijakan mutu, manual mutu, sasaran mutu, dan prosedur kerja) oleh tiap bagian manajemen, audit pra sertifikasi, menentukan badan sertifikasi, kemudian dilakukan audit oleh badan sertifikasi dan proses akhir pemberian sertifikat; (2) Pelaksanaan sistem manajemen mutu sudah berjalan baik dengan ketercapaian target: Manajemen Kurikulum sebesar 100%, manajemen Humas/ HI sebesar 90%, manajemen Sarana dan Prasarana sebesar 75%, manajemen Kesiswaan sebesar 90%, manajemen Tata Usaha sebesar 100%, Program Keahlian T. Kendaraan Ringan sebesar 50%, Program Keahlian T. Pemesinan sebesar 75%, Program Keahlian T. Komputer dan Jaringan sebesar 75%, Program Keahlian T. Instalasi Tenaga Listrik sebesar 75%, Program Keahlian T. Audio Video sebesar 75%; (3) Evaluasi sistem manajemen mutu yang dilaksanakan sesuai prosedur, dengan audit internal setiap 6 bulan sekali (sudah tiga kali) dan audit eksternal setiap 3 tahun sekali (baru satu kali); (4) Hambatan dan penanganan, hambatan berasal dari faktor SDM yaitu perbedaan tingkat pemahaman personil manajemen melaksanakan SMM ISO 9001:2008, serta tingkat kedisiplinan dan belajar siswa yang kurang. Penanganan dilakukan dengan pendekatan personal oleh MR, pelatihan dan sosialisasi lanjutan dalam usaha peningkatan kualitas SDM.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 07 Aug 2012 23:58 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3109 |
Actions (login required)
View Item |