PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK ABA KERINGAN TURI SLEMAN YOGYAKARTA

Kuni, Mustafidah (2016) PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK ABA KERINGAN TURI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI KUNI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani melalui permainan tradisional pada anak kelompok B2 di TK ABA Keringan, Turi, Sleman, Yogyakarta. Kebugaran jasmani yang ditingkatkan ialah keseimbangan, kelincahan, dan kekuatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK ABA Keringan sebanyak 21 anak yang terdiri dari 11 anak laki- laki dan 10 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ingkling dan dingklik oglak- aglik dapat meningkatkan kebugaran jasmani anak kelompok B2 di TK ABA Keringan Turi Sleman Yogyakarta. Peningkatan kebugaran jasmani tersebut dapat terlihat secara optimal dari hasil data observasi yang diperoleh pada setiap Siklusnya. Kondisi awal anak sebelum tindakan menunjukkan kebugaran jasmani anak yang masuk dalam indikator Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 1 anak dengan persentase sebesar 4,76%. Pada Siklus I peneliti memperkenalkan permainan ingkling dan dingklik oglak-aglik terlebih dahulu kepada anak, kemudian memberikan contoh bermain ingkling dan dingklik oglak-aglik yang benar kepada anak, sehingga anak dapat memahami dan mempraktekkan dalam kegiatan pembelajaran melalui permainan ingkling dan dingklik oglak-aglik, sehingga mengalami peningkatan sejumlah 11 anak dengan persentase sebesar 52,38%, karena belum mencapai indikator keberhasilan kemudian peneliti melakukan Tindakan pada Siklus II. Tindakan Siklus II peneliti memberi pengawasan khusus dan motivasi pada anak dengan memberi rewards serta permainan dikompetisikan secara berkelompok yang membuat anak menjadi lebih bersemangat, sehingga pada Siklus II ini berhasil meningkat yakni sejumlah 17 anak dengan persentase sebesar 80.95%. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan tradisional dapat meningkatkan kebugaran jasmani anak. Kata kunci: kebugaran jasmani, permaianan tradisional, kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:28
Last Modified: 30 Jan 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31078

Actions (login required)

View Item View Item