LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Nopita Wulandari, Nopita Wulandari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik, tenaga kependidikan atau pembentukan dan peningkatan kemampuan profesional. Tuntutan dunia kerja dewasa ini semakin tidak mudah diraih karena mempersyaratkan tenaga yang lebih professional. Hal itu membawa konsekuinsi bahwa para tamatan pendidikan di berbagai jenjang sekolah semestinya sudah memiliki keterampilan professional tertentu sesuai dengan bidangnya yang dapat dijadikan bekal untuk berkompetensi di dunia kerja. Persiapan PPL meliputi ( 1) Penyerahan PPL/Pemilihan mata pelajaran di SMA NEGRI 1 PIYUNGAN. ( 2) Observasi kelas dan peserta didik. ( 3) Menyusun skema pembelajaran. Setelah melakukan persiapan, mahasiswa melakukan konsultasi dengan guru pembim. Program PPL yang telah dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan dengan lancar. Namun ada beberapa program yang tidak direncanakan juga dilaksanakan karena menyesuaikan kebutuhan sekolah. Keberhasilan PPL dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa itu sendiri. Dampak positif bagi mahasiswa adalah: ( 1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, ( 2) mahasiswa dapat mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran,( 3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran sekolah, sedangkan bagi komunitas sekolah atau lembaga : ( 1) memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, ( 2) mendapatkan bantuan kepemikiran, tenaga dan ilmu dalam merencanakan serta melaksanakan pengembangan pembelajaran di sekolah atau lembaga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31073

Actions (login required)

View Item View Item