LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

FERIS RAHMAT RUSYUDY, FERIS RAHMAT RUSYUDY (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_FERIS_SMA N 1 PIYUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Seorang pendidik yang baik selain harus dibekali skill teori yang kuat mengenai bidang yang dikuasainya juga dituntut untuk memiliki pengalaman yang cukup dalam mentransfer ilmu kepada para peserta didik. Demi peningkatan kualitas calon pengajar, diselenggarakan mata kuliah lapangan yang mengenalkan mahasiswa kepada dunia pendidikan secara langsung. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau Magang III menjadi suatu mata kuliah yang mendukung peningkatan kualitas mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi yang mereka miliki, diharapkan wawasan mahasiswa semakin bertambah, baik pengalaman, kemandirian dan rasa tanggung jawab dalam menghadapi situasi yang kurang lebih hampir sama persis dengan yang terjadi di dunia kerja nantinya. Penyelenggaraan kegiatan PPL/Magang III mengharuskan mahasiswa untuk menjalankan beberapa program demi pengembangan kompetensi. Program-program tersebut harus dikelola dengan baik, terstruktur, dan matang, karena bobot PPL/Magang III ini disesuaikan dengan bobot SKS yang harus ditempuh. Kemudian kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa harus berada pada lingkup sekolah atau lembaga dan dibawah pengawasan guru pamong. Guru pamong atau pembimbing secara bersinergi melakukan koordinasi dan mahasiswa dalam melakukan bimbingan yang berkaitan dengan praktek mengajar. Selain manfaat langsung yang diperoleh oleh mahasiswa, sekolah atau lembaga yang menerima mahasiswa PPL/Magang III juga memperoleh manfaat secara langsung di antaranya ikut andil dalam mempersiapkan calon guru yang berkompeten dan profesional, mendapatkan bantuan tenaga, ilmu, dan pemikiran dari mahasiswa, kemudian juga meningkatkan relasi dengan UNY selaku pihak yang menyediakan mahasiswa selaku calon pendidik dan juga dengan pemerintah daerah, sekolah ataupun lembaga. Tentunya penyelenggaraan program PPL/Magang III tidak sepenuhnya akan berjalan tanpa kendala, seiring berjalannya waktu akan ditemui beberapa kendala yang berkaitan dengan peserta didik, fasilitas, lingkungan, ataupun yang berkaitan dengan motivasi. Dari sinilah mahasiswa dapat belajar tentang cara berpikir dan bekerja secara disiplin dalam menghadapi berbagai masalah yang ada terkait dengan pendidikan yang ada di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31070

Actions (login required)

View Item View Item