Febriyanti, Ika (2016) Efektivitas Penggunaan Media Poster Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. S1 thesis, FIS.
Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401241036.swf - Published Version Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas penggunaan media poster terhadap minat peserta didik kelas XI dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Depok, Sleman, 2) efektivitas penggunaan media poster terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Depok, Sleman. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Depok, Sleman dengan jumlah 512 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu kelas XI Geologi Pertambangan A (GPA) sebagai kelas eksperimen (31 peserta didik) dan kelas XI Teknik Otomasi Industri (TOI) sebagai kelas kontrol (32 peserta didik). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket awal, angket akhir, pretest, posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media poster dalam pembelajaran PPKn efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI di SMK Negeri 2 Depok. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung pada minat belajar peserta didik sebesar 6,681 dan ttabel pada df 54 sebesar 4.02 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Hukum Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 00:54 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31059 |
Actions (login required)
View Item |