Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Praktik Membubut Pada Mata Pelajaran Kerja Mesin Lanjut Menggunakan Model Praktik Berpasangan

Suhartono, Roni (2013) Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Praktik Membubut Pada Mata Pelajaran Kerja Mesin Lanjut Menggunakan Model Praktik Berpasangan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-roni-suhartono-11702259035.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran kerja mesin lanjut menggunakan Model Praktik Berpasangan dan mendapatkan bukti peningkatan hasil belajar kerja mesin lanjut setelah diterapkan Model Praktik Berpasangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus pada kelas XII Teknik Pemesinan (TP) A di SMK Taman Karya Madya (TKM) Teknik Purworejo dengan subyek penelitian siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis & Taggart yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, wawancara dan studi dokumen. Analisa dilakukan dengan analisa kualitatif untuk menggambarkan suasana pembelajaran yang berlangsung dalam kelas dan analisa kuantitatif untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran. Hasil penelitan menyimpulkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran menggunakan model praktik berpasangan di kelas XII TP A SMK TKM Teknik Purworejo dapat meningkatkan kualitas pembelajaran ditinjau dari aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil pembelajaran yang meliputi persiapan kerja, proses kerja, hasil kerja, sikap kerja, dan waktu; dan (2) nilai rata-rata aktivitas guru mengalami peningkatan (dalam siklus I= 77.6, siklus II= 87.9, dan siklus III= 96.4). Nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan (dalam siklus I=70, siklus II= 86, dan siklus III= 96). Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan (dalam siklus I=70, siklus II 72.9, dan siklus III 78. Dengan demikian penerapan model pembelajaran praktik berpasangan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran praktik membubut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model praktik berpasangan, kualitas pembelajaran, praktik membubut
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2016 08:35
Last Modified: 29 Jan 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31057

Actions (login required)

View Item View Item