PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI “IMPIAN MONI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN KOMPETENSI ANGGARAN PRIBADI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Ilyana, Sariyatul (2016) PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI “IMPIAN MONI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN KOMPETENSI ANGGARAN PRIBADI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SARIYATUL ILYANA_PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) produk media pembelajaran literasi keuangan berupa komik edukasi “Impian Moni” untuk siswa Sekolah Dasar kompetensi anggaran pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan komik edukasi “Impian Moni” sebagai media pembelajaran literasi keuangan kompetensi anggaran pribadi untuk siswa Sekolah Dasar; 2) mengetahui kelayakan komik edukasi “Impian Moni” sebagai media pembelajaran literasi keuangan materi anggaran pribadi untuk siswa sekolah dasar berdasarkan penilaian pada aspek materi, media, dan bahasa; 3) mengetahui peningkatan pemahaman siswa mengenai pembelajaran literasi keuangan kompetensi anggaran pribadi dengan menggunakan komik edukasi “Impian Moni”. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Four-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan. Pada tahap design dilakukan penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap develop dilakukan penilaian para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi serta uji pengembangan. Pada tahap disseminate dilakukan uji validasi dan penyebaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pakel yang terdiri dari 42 siswa. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi, skor rata-rata aspek materi adalah sebesar 4,26 (Sangat Layak), aspek media sebesar 3,56 (Layak), dan aspek bahasa sebesar 3,89 (Layak). Berdasarkan respon siswa pada uji pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata aspek materi sebesar 4,10 (Layak), aspek media sebesar 3,89 (Layak), dan aspek bahasa sebesar 4,25 (Sangat Layak). Hasil uji validasi untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa yang dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest diperoleh nilai gain sebesar 0,37. Berdasarkan kriteria nilai Gain menurut Hake menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa mengenai kompetensi anggaran pribadi dengan menggunakan komik edukasi “Impian Moni” tergolong Sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, literasi keuangan, anggaran pribadi, komik edukasi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 14 Apr 2016 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31052

Actions (login required)

View Item View Item