PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XAKUNTANSI 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Alhikmah, Luluk (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XAKUNTANSI 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Luluk Alhikmah_12803244009.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran dan peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase skor Aktivitas Belajar Akuntansi yang didapat melalui observasi dengan pedoman observasi diperoleh skor sebesar 72,63 % pada siklus I kemudian meningkat menjadi 81,03% pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 8,4%. Dari data angket yang menunjukkan persentase Motivasi Belajar Akuntansi diperoleh skor 72,77% pada siklus I dan kemudain meningkat menjadi 78,78% pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 6,01%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Motivasi Belajar, Two Stay Ywo Stray (TS-TS)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Pendidikan > Filsafat Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 14 Apr 2016 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31051

Actions (login required)

View Item View Item