KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN DALAM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI PERBEDAAN LOKASI SEKOLAH

Apriliyani, Ana Fitri (2016) KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN DALAM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI PERBEDAAN LOKASI SEKOLAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ana Fitri Apriliyani.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains (KBDKPS) peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi, (2) peta KBDKPS peserta didik SMAN jika ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah, dan (3) pengaruh jenjang kelas dan gender terhadap peta KBDKPS peserta didik SMAN yang ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode survey Variabel bebas yakni perbedaan lokasi sekolah dan variabel tergayut yaitu KBDKPS peserta didik SMA. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN kelas X, XI IPA, dan XII IPA di Kabupaten Sleman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling sehingga diperoleh 48 kelas dengan jumlah peserta didik 1304 terdiri atas 178 peserta didik berasal dari SMAN yang berada di wilayah kota, 429 peserta didik berasal dari SMAN yang berada di wilayah suburban, dan 697 peserta didik SMAN di wilayah desa yang tersebar di 16 SMAN di Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes KBDKPS yang terdiri atas pertanyaan terbuka (politomous). Teknik analisis data secara statistika deskriptif dengan menghitung skor yang diperoleh peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) tingkat kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi masih tergolong rendah. (2) Peta KBDKPS peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman yang berlokasi di kota tergolong sedang (20,88), peserta didik SMAN yang berlokasi di kawasan suburban tergolong rendah (17,96), dan peserta didik SMA di wilayah desa tergolong rendah (17,32). (3) Faktor jenjang kelas dan gender tidak berpengaruh pada peta KBDKPS peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman yang ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains, perbedaan lokasi sekolah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:16
Last Modified: 30 Jan 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31050

Actions (login required)

View Item View Item