PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL UNTUK MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

To’at , Wicaksono (2011) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL UNTUK MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
Degital_Media_Development_Training_For_Lesson_Engineering_Drawing_at_SMK_N_I_Sayegan.PDF

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran digital yang tepat untuk mendukung pembelajaran pada mata diklat gambar teknik bukaan. Mengetahui kelayakan media pembelajaran digital pada mata diklat gambar teknik bukaan. Mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran animasi power point dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian R&D dan dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Seyegan dengan kelas 2 Teknik Fabrikasi Logam 1 (2 TFL1) sebagai kelas eksperimen dan kelas 2 Teknik Fabrikasi Logam 2 (2 TFL2) sebagai kelas kontrol. Penelitian pertama dengan menggunakan angket untuk uji kelayakan, sampel diambil dari siswa 2 TFL1 sebanyak 6 orang untuk uji skala kecil. Untuk uji skala besar dilakukan oleh kelas 2 TFL1 dengan melibatkan semua siswa kelas 2 TFL1. Penelitian kedua kelas 2 TFL 1 sebagai kelas eksperimen mengalami perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran digital dalam kegiatan belajar mengajarnya, sedangkan kelas 2 TFL 2 sebagai kelas control tetap menggunakan strategi pembelajaran konvensional dalam kegiatan belajar mengajarnya. Proses pembuatan media digital gambar teknik bukaan menggunakan microsoft office power point, corel draw. Kelayakan media digital hasil penilaian ahli materi untuk aspek kualitas materi 3,63 dengan kriteria baik dan aspek sajian 3,67 dengan kriteria baik, penilaian ahli media skor yang didapat untuk aspek komunikasi 4 dengan kriteria sangat baik, aspek desain teknis 4 dengan kriteria sangat baik dan aspek format tampilan 3,67 dengan kriteria baik sedangkan uji kelayakan skala kecil skor yang didapatkan pada aspek komunikasi 4,37 dengan kriteria sangat baik, dan aspek desain teknis 4,3 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan uji skala besar skor yang diberikan untuk aspek komunikasi 3,8 dengan kriteria baik, dan aspek desain teknis 3,9 dengan kriteria baik. Media digital dapat meningkatkan prestasi dengan posttest 82,21 dan preetest 69,45. Ada perbedaan prestasi belajar antara yang menggunakan dengan pembelajaran menggunakan media digital power point dengan konvensional, dengan uji t yang menghasilkan thitung 2,216 sedangkan ttabel dengan db= 64 taraf signifikan 5% sebesar 1,671 keputusan terdapat perbandingan ttabel< thitung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 29 Jan 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3105

Actions (login required)

View Item View Item