Persepsi Guru terhadap Penggunaan Pendekatan Sains, Teknologi, Masyarakat, dan Lingkungan (STML) pada Pembelajaran Biologi SMA/MA Kelas XII di Kota Yogyakarta Berdasarkan Karakteristik Sekolah

Ardhiansyah, Muhammad Anand (2016) Persepsi Guru terhadap Penggunaan Pendekatan Sains, Teknologi, Masyarakat, dan Lingkungan (STML) pada Pembelajaran Biologi SMA/MA Kelas XII di Kota Yogyakarta Berdasarkan Karakteristik Sekolah. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Anand Ardhiansyah.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui persepsi guru kelas XII SMA/MA di Kota Yogyakarta terhadap pendekatan STML berdasarkan status kepemilikan sekolah, yaitu sekolah negeri dan sekolah swasta, (2) mengetahui persepsi guru kelas XII SMA/MA di Kota Yogyakarta terhadap pendekatan STML berdasarkan sekolah keagamaan, yaitu sekolah islam dan sekolah kristen, (3) mengetahui apakah status kepemilikan sekolah berpengaruh terhadap persepsi guru kelas XII SMA/MA di Kota Yogyakarta mengenai pendekatan STML, (4) mengetahui apakah status kepemilikan sekolah memiliki hubungan terhadap persepsi guru kelas XII SMA/MA di Kota Yogyakarta mengenai pendekatan STML, (5) mengetahui apakah karakteristik sekolah agama berpengaruh terhadap persepsi guru kelas XII SMA/MA di Kota Yogyakarta mengenai pendekatan STML, (6) mengetahui apakah karakteristik sekolah agama memiliki hubungan terhadap persepsi guru kelas XII SMA/MA di Kota Yogyakarta mengenai pendekatan STML. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Sampel dari penelitian ini adalah 11 guru biologi kelas XII SMA/MA di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner yang terdiri atas angket dan skala Likert. Peneliti menggunakan tabel kontingensi untuk mengetahui apakah ada hubungan antar variabel. Analisis Chi-Square digunakan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergayut . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar guru biologi kelas XII pada sekolah Negeri jarang menggunakan pendekatan Sains, Teknologi, Masyarakat dan Lingkungan. Sedangkan sebagian guru biologi kelas XII sering menggunakan pendekatan Sains, Teknologi, Masyarakat dan Lingkungan, (2) Guru biologi kelas XII pada kategori sekolah keagamaan yaitu sekolah Islam dan sekolah Kristen belum dapat diambil kesimpulan mengenai deskripsi penggunaan STML pada pembelajaran biologi karena kurangnya jumlah responden pada kategori ini., (3) status kepemilikan sekolah tidak berpengaruh dengan persepsi guru kelas XII terhadap penggunaan pendekatan STML pada aspek apersepsi, implementasi, dan aspek tujuan pembenukan karakter, (4) tidak ada hubungan antara status kepemilikan sekolah dan persepsi guru kelas XII terhadap penggunaan pendekatan STML pada pembelajaran biologi dalam aspek apersepsi, implementasi, dan aspek tujuan pembentukan karakter, (5) karakteristik sekolah agama tidak berpengaruh dengan persepsi guru kelas XII terhadap penggunaan pendekatan STML pada aspek apersepsi, implementasi, dan aspek tujuan pembenukan karakter, (6) tidak ada hubungan antara karakteristik sekolah agama dan persepsi guru kelas XII terhadap penggunaan pendekatan STML pada pembelajaran biologi dalam aspek apersepsi, implementasi, dan aspek tujuan pembentukan karakter.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi guru, pendekatan STML, dan karakteristik sekolah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:15
Last Modified: 30 Jan 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31049

Actions (login required)

View Item View Item