Keefektifan Metode Pembelajaran Problem-Based Learning pada Kompetensi Memperbaiki Sistem Pendingin Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Prambanan

Rabiman, Rabiman (2013) Keefektifan Metode Pembelajaran Problem-Based Learning pada Kompetensi Memperbaiki Sistem Pendingin Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Prambanan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rabiman-09702251003.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan: (1) metode pembelajaran problem-based learning (PBL) pada kompetensi memperbaiki sistem pendingin ditinjau dari kemampuan awal siswa; (2) metode pembelajaran direct teaching pada kompetensi memperbaiki sistem pendingin ditinjau dari kemampuan awal siswa; (3) metode pembelajaran PBL dibandingkan dengan metode direct teaching, untuk siswa berkemampuan awal rendah; (4) metode pembelajaran PBL dibandingkan dengan metode direct teaching, untuk siswa berkemampuan awal tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimen dengan desain pre-test post-test non equivalent control group, yang dilakukan dengan memberikan perlakuan pada metode pembelajaran, yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman pada semester gasal tahun ajaran 2012/2013. Kelompok eksperimen diajar dengan metode pembelajaran PBL, sedangkan kelompok kontrol diajar dengan metode direct teaching. Sebagai kovariat adalah kemampuan awal yang ikut mempengaruhi prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan berjumlah 137 siswa yang terbagi menjadi empat kelas (XI TKA, XI TKB, XI TKC, XI TKD). Penelitian ini menggunakan sampel dua kelas (XI TKA, XI TKB) dengan jumlah siswa 64 orang (32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol). Validitas perlakuan dikontrol dengan lembar observasi. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah tes yang berbentuk multiple choice. Validasi soal dilakukan dengan analisis validitas isi butir soal, tingkat kesukaran, daya beda, dan keberfungsian pengecoh yang dianalisis dengan program Iteman seri 3.0. Semua 40 butir soal yang digunakan valid dengan koefisien reliabilitas tinggi (α = 0,921). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian (ANACOVA) dengan program SPSS seri 16. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada pembelajaran kompetensi sistem pendingin dengan menyertakan nilai kemampuan awal: (1) secara menyeluruh, metode pembelajaran PBL lebih efektif dari pada metode direct teaching, (2) siswa berkemampuan awal tinggi lebih efektif diajar dengan metode PBL dibanding diajar dengan metode direct teaching, (3) siswa berkemampuan awal rendah tidak menunjukkan perbedaan keefektifan antara yang diajar dengan metode pembelajaran PBL dibanding diajar dengan metode direct teaching, dan (4) tidak ada perbedaan keefektifan antara siswa berkemampuan awal tinggi dan siswa berkemampuan rendah saat diajar dengan metode PBL.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, metode pembelajaran, kemampuan awal, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2016 07:37
Last Modified: 29 Jan 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31048

Actions (login required)

View Item View Item