Sangaji Dwi Saputra, Sangaji Dwi Saputra (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
12104244018_SANGAJI DWI SAPUTRA.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
Praktik pengalaman lapangan bidang bimbingan dan konseling, bertujuan agar mahasiswa dapat mempraktekkan teori yang diperoleh selama kuliah, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menunjukkan semua kompetensi yang telah dimiliki, dan mahasiswa memperoleh pengalaman nyata khususnya tentang pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Pelaksanaan dilaksanakan mulai tanggal 10 agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL secara intensif dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 bersamaan dibukanya tahun ajaran baru 2015-2016 yang meliputi praktik BK di sekolah dan praktik persekolahan. Praktik memberikan layanan bimbingan dan konseling didampingi guru pembimbing bidang bidang bimbingan dan konseling. Praktik bimbingan dan konseling memiliki 4 ruang lingkup materi, diantaranya: pelayanan dasar, pelayanan responsive, perencanaan individual, dan dukungan system. Dalam praktik memberikan layanan klasikal, praktikan menyiapkan rencana pelaksanaan bimbingan dan konseling (RPL BK) dan media yang digunakan. Pelaksanaan PPL memerlukan persiapan baik materi layanan, pengolahan kelas, dan pengolahan waktu. Sebagai langkah awal dalam pelaksanaan perlu diadakan observasi terlebih dahulu di dalam kelas dan bimbingan dengan guru pembimbing, maka Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan. Hasil kegiatan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan pelayanan dasar, pelayanan responsive, perencanaan individual, dan dukungan sistem. Kegiatan-kegiatan layanan dasar, diantaranya: bimbingan klasikal, layanan orientasi, memberikan berbagai layanan informasi, dan penyelenggaraan instrumentasi. Kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh praktikan berkaitan dengan aspek pelayanan responsive, diantaranya: konseling individual, konseling kelompok, case conference, home visit, dan kolaborasi dengan wali kelas. Pelaksanaan perencanaan individual terintegrasi dalam kegiatan layanan klasikal bidang bimbingan karir. Dukungan sekolah sangat positif terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling yang ditandai dengan pemberian jam masuk kelas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan & Konseling, PPL UNY 2015, SMA N I KASIHAN |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 14 Apr 2016 01:00 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |