Dampak Implementasi SMM ISO 9001:2008 terhadap Pembentukan Budaya Mutu di SMKN 2 Wonosari dan SMK Muhammadiyah 1 Playen

Wibowo, Nugroho (2013) Dampak Implementasi SMM ISO 9001:2008 terhadap Pembentukan Budaya Mutu di SMKN 2 Wonosari dan SMK Muhammadiyah 1 Playen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nugroho-wibowo-11702259011.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi SMM ISO 9001:2008 di bidang Sumber Daya Manusia (SDM), pengendalian pembelajaran dan sarana prasarana. Penelitian ini juga ingin mengetahui dampak implementasi SMM ISO 9001:2008 terhadap pembentukan budaya mutu di SMKN 2 Wonosari dan SMK Muhammadiyah 1 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan campuran. Model evaluasi yang digunakan adalah model logic yang terdiri dari: komponen masukan (inputs), proses (activities), hasil (outputs), dan dampak (outcome). Penelitian ini mengambil tempat di dua SMK yaitu SMKN 2 Wonosari dan SMK Muhammadiyah 1 Playen. Metode pemilihan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Instrumen yang dipakai meliputi wawancara, studi dokumentasi, observasi dan angket. Subjek penelitian untuk instrumen wawancara dan studi dokumentasi adalah pengelola SMM ISO 9001:2008 yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah manajemen mutu, pengelola unit kerja SDM, kurikulum, dan sarana prasarana. Data yang digali menggunakan angket berasal dari guru, sedangkan observasi digunakan untuk mengamati keadaan yang terjadi pada implementasi dan dampak budaya mutu yang ditimbulkannya. Sebelum digunakan instrumennya disusun berdasarkan kisi-kisi dan kemudian dimintakan pendapat dua orang ahli. Triangulasi data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memenuhi keabsahan data. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Pelaksanaan implementasi SMM ISO 9001:2008 di SMKN 2 Wonosari pada bidang: a) SDM telah memenuhi kelima persyaratan, dan berdasar data angket diperoleh skor rerata 76,52% dan termasuk pada kategori tinggi; b) pengendalian pembelajaran telah memenuhi keenam persyaratan, dan diperoleh skor rerata 79,46% termasuk pada kategori tinggi; c) sarana prasarana telah memenuhi tiga persyaratan, diperoleh skor rerata 69,85% dan termasuk pada kategori tinggi. 2) Implementasi SMM ISO 9001:2008 di SMKN 2 Wonosari terbukti membentuk budaya mutu karena telah teridentifikasi sembilan indikator budaya mutu, dengan perolehan skor dari data angket rata-rata 76,10% dan termasuk kategori tinggi. 3) Pelaksanaan implementasi SMM ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 1 Playen pada bidang: a) SDM telah memenuhi kelima persyaratan, dan berdasar data angket diperoleh skor rerata 79,82% dan termasuk pada kategori tinggi; b) pengendalian pembelajaran telah memenuhi keenam persyaratan, dan diperoleh skor rerata 82,81% termasuk pada kategori tinggi; c) sarana prasarana telah memenuhi tiga persyaratan, diperoleh skor 80,86% dan termasuk pada kategori tinggi. 4) Implementasi SMM ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 1 Playen terbukti membentuk budaya mutu karena telah teridentifikasi sembilan indikator budaya mutu, dengan perolehan skor dari data angket rata-rata 82,16% dan termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SMM ISO 9001:2008, budaya mutu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2016 05:45
Last Modified: 29 Jan 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31008

Actions (login required)

View Item View Item