Pengaruh Metode Pembelajaran Drills terhadap Hasil Belajar KKPI Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Seyegan

Darmawan, Muhammad Yusuf (2013) Pengaruh Metode Pembelajaran Drills terhadap Hasil Belajar KKPI Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Seyegan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-yusuf-darmawan-10702251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar KKPI antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) format drills dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi, (2) pengaruh interaksi antara metode pembelajaran CAI format drills dan metode pembelajaran demonstrasi dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar KKPI siswa, dan (3) perbedaan hasil belajar KKPI antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran CAI format drills dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2 yang dilakukan dengan memberikan perlakuan dalam bentuk metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan dua kelas: kelas eksperimen yang diberikan perlakuan metode pembelajaran CAI format drills dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini menggunakan empat variabel, yaitu (1) dua variabel bebas yang berupa metode pembelajaran CAI format drills dan demonstrasi, (2) variabel terikat yang berupa hasil belajar, dan (3) variabel moderator yang berupa motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian sebanyak 63 siswa, yang terdiri dari 31 siswa kelas eksperimen dengan diberikan perlakuan metode pembelajaran CAI format drills dan 32 siswa kelas kontrol dengan diberikan perlakuan metode pembelajaran demonstrasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis varians (ANAVA) dengan bantuan progam komputer yaitu SPSS versi 18. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan hasil belajar KKPI antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran CAI format drills dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi. (2) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran CAI format drills dan metode pembelajaran demonstrasi dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar KKPI siswa. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar KKPI antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran CAI format drills dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi ditinjau dari siswa yang memiliki motivasi tinggi. (4) Terdapat perbedaan hasil belajar KKPI antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran CAI format drills dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi ditinjau dari siswa yang memiliki motivasi rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, metode pembelajaran, drills, hasil belajar, motivasi belajar, pendidikan kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2016 08:28
Last Modified: 16 Sep 2022 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31006

Actions (login required)

View Item View Item