Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa SMP/MTs Masuk Ke SMK/MAK di Kabupaten Sleman

Kusworo, Kusworo (2013) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa SMP/MTs Masuk Ke SMK/MAK di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kusworo-06702251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan; 2) faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan; 3) faktor yang paling dominan mempengaruhi minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan; 4) seberapa tinggi status sosial ekonomi orang tua siswa mempengaruhi minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan; 5) seberapa tinggi media massa mempengaruhi minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan; 6) seberapa tinggi lingkungan siswa mempengaruhi minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan; 7) seberapa tinggi karakteristik individu siswa mempengaruhi minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan; dan 8) seberapa tinggi faktor status sosial ekonomi orang tua siswa, media massa, lingkungan siswa, dan karakteristik individu siswa secara bersama-sama mempengaruhi minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan. Penelitian ini termasuk jenis cross-sectional survei. Populasi penelitian 12.037 siswa kelas VIII pada 122 SMP/MTs di Kabupaten Sleman. Sebagai lokasi penelitian adalah 8 SMP/MTs ditentukan dengan teknik cluster sampling. Sampel penelitian 338 siswa diambil secara acak dan proporsional. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala likert dan skala peringkat. Validitas dan reliabilitas instrumen diujikan pada 32 siswa di SMP Negeri 3 Mlati, semua butir valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis korelasi parsial dengan bantuan SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: 1) minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan termasuk baik, rata-rata sebesar 73,40 kategori sangat tinggi (19,23%), tinggi (39,05%), rendah (24,26%), sangat rendah (17,46%); 2) faktor status sosial ekonomi orang tua siswa, media massa, lingkungan siswa, dan karakteristik individu siswa mempengaruhi minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan sebanyak 72,5% dan dipengaruhi faktor lain sebanyak 27,5%; 3) faktor yang paling dominan mempengaruhi minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan adalah faktor status sosial ekonomi orang tua siswa; 4) terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan sebesar 37,1% (r2 = 0,371 dan p = 0,000 < 0,05); 5) terdapat pengaruh yang signifikan media massa terhadap minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan sebesar 54,6% (r2 = 0,546 dan p = 0,000 < 0,05); 6) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan siswa terhadap minat siswa SMP/MTs sekolah kejuruan sebesar 57,7% (r2 = 0,577 dan p = 0,000 < 0,05); 7) terdapat pengaruh yang signifikan karakteristik individu siswa terhadap minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan sebesar 48,5% (r2 = 0,481 dan p = 0,000 < 0,05); dan 8) terdapat pengaruh yang signifikan keempat variabel bebas (status sosial ekonomi orang tua siswa, media massa, lingkungan siswa, dan karakteristik individu siswa) terhadap minat siswa SMP/MTs masuk sekolah kejuruan sebesar 72,5% (adjusted R2 = 0,725 dan p = 0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: minat, status sosial ekonomi orang tua, media massa, lingkungan, karakteristik individu, SMK/MAK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2016 07:08
Last Modified: 16 Sep 2022 06:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31003

Actions (login required)

View Item View Item