PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PARIKAN DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFFESIONAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TURI

Putri, Galuh Rahmanila (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PARIKAN DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFFESIONAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TURI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Galuh Rahmanila Putri 08205244030.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengembangan media pembelajaran bahasa Jawa materi parikan ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kualitas media pembelajaran yang dihasilkan dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS3 Proffesional; (2) mendeskripsikan tanggapan siswa dan guru bahasa Jawa terhadap penggunaan media dengan aplikasi Adobe Flash CS3 Proffesional. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model prosedural, berdasarkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah-langkah dalam pengembangan media pembelajaran ini dilakukan melalui lima tahapan, yaitu (1) tahap analisis; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap validasi dan ujicoba; (5) tahap akhir produk media pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan media pembelajaran parikan dengan aplikasi Adobe Flash CS3 Proffesional dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif dengan tampilan gambar, animasi, dan suara yang dapat menarik perhatian dan minat siswa terhadap pembelajaran parikan. Hasil ujicoba menunjukkan sebanyak 21 siswa mencapai standar nilai KKM debgan jumlah persentase 73% dengan nilai rata-rata 81, (2) kualitas media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan validasi dosen ahli materi terdiri dari sepuluh indikator, penilaian memperoleh rata-rata persentase sebesar 78%, termasuk dalam kategori baik. Validasi oleh dosen ahli media terdiri dari 2 aspek penilaian, yaitu aspek tampilan dijabarkan dalam sepuluh indikator dan aspek pemrogaman dijabarkan dalam sepuluh indikator dengan hasil penilaian memperoleh rata-rata persentase sebesar 80%, termasuk dalam kategori baik. Penilaian guru bahasa Jawa SMP yang terdiri dari 2 aspek penilaian, memperoleh rata-rata persentase sebesar 76%, termasuk kategori baik. Hasil angket tanggapan siswa memperoleh persentase sebesar 81%, termasuk kategori sangat setuju terhadap media pembelajaran yang dikembangkan tersebut, (3) evaluasi media pembelajaran oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media sebagai tahap akhir revisi terhadap produk media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, parikan, Adobe Flash CS3 Proffesional
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 13 Apr 2016 06:54
Last Modified: 30 Jan 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31002

Actions (login required)

View Item View Item