Penggunaan EFI Scanner sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa

Adnyana, I Gusti Made (2013) Penggunaan EFI Scanner sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-i-gusti-made-adnyana-11702259040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, dan prestasi belajar siswa pada mata diklat Memelihara/Servis dan Memperbaiki Engine Management System melalui penggunaan EFI Scanner sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Piggot-Irvine yang terdiri dari tiga tahapan untuk setiap siklusnya yaitu plan – act – reflect. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti bersama dua orang kolaborator yaitu guru yang mengampu mata diklat Memelihara/Servis dan Memperbaiki Engine Management System. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR–1 SMK Negeri 3 Singaraja, Bali yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan angket untuk data minat dan motivasi belajar. Angket minat dan motivasi belajar siswa dikembangkan berdasarkan Bank Instrumen Laboratorium PEP, Program Pascasarjana UNY. Data untuk prestasi belajar siswa diambil dengan penilaian unjuk kerja melalui observasi terstruktur. Data minat dan motivasi belajar siswa dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan dikonversi/dibandingkan dengan standar acuan menjadi deskriptif kualitatif untuk menentukan siswa yang mempunyai minat dan motivasi belajar dalam kategori tertentu. Data prestasi belajar siswa dianalisis dengan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui ketercapaian nilai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan EFI Scanner sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada mata diklat Memelihara/Servis dan Memperbaiki Engine Management System. Rata-rata minat belajar siswa sebesar 81,08% dan motivasi belajar siswa sebesar 82,31% termasuk pada kategori tinggi. Dari hasil praktik, 43% (13 orang) siswa mencapai nilai KKM pada siklus I sementara pada siklus II, 90% (27 orang) siswa mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan EFI Scanner sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan minat, motivasi, dan prestasi belajar siswa kelas XII TKR–1 SMK Negeri 3 Singaraja, Bali pada mata diklat Memelihara/Servis dan Memperbaiki Engine Management System.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, motivasi belajar, prestasi belajar, media pembelajaran, EFI Scanner
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2016 06:33
Last Modified: 02 Sep 2022 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31001

Actions (login required)

View Item View Item