LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

RINDANG DWI ANUGERAHENI, RINDANG DWI ANUGERAHENI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RINDANG DWI ANUGRAHENI 12111244004 (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan bagi mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru mampu mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran mulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi,dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Melalui kegiatan ini pula, mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam perkuliahan serta belajar memilahmilah teori yang sesuai dengan kondisi lapangan. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa harus menempuh praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dan kreativitas dalam mengajar. Sekolah tempat mahasiswa melakukan PPL adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya PL PPL dan PKL LPPMP UNY yaitu di TK ABA Semuten yang terletak di Pedukuhan Semuten, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.TK ABA Semuten memiliki tiga tenaga pendidik dan belum didukung oleh kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana sehingga segala kegiatan guna mengembangkan pembelajaran harus memanfaatkan media dan fasilitas sarana dan prasarana yang ada. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan selam 5 kalii. sebelum kegiatan dilaksanakan mahasiswa mendapatkan materi yang harus disampaikan dari guru kelas, kemudian mengembangkan kegiatan dan media serta kelengkapan lainnya dan menyusunnya ke dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH). RKH yang telah disusun terlebih dahulu dikonsultasikan untuk mengetahui apakah ada perbaikan yang perlu dilakukan. Bila seluruh rencana kegiatan telah siap, mahasiswa mempersiapkan media dan alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran. media maupun alat peraga dibuat dalam ukuran besar (contoh) agar dapat dilihat oleh seluruh siswa dengan baik. Seluruh media dibuat semenarik mungkin agar anak tertarik untuk belajar. Kegiatan yang akan dilakukan anak juga harus sekreatif mungkin agar anak tidak mudah jenuh dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, megajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, TK ABA Semuten,Jatimulyo,Dlingo,Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Apr 2016 05:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30996

Actions (login required)

View Item View Item