Nurhayat, Nurhayat (2016) KONTRIBUSI DOSEN PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN DALAM SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Nurhayat 10504241029.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
KONTRIBUSI DOSEN PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN DALAM SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Nurhayat NIM. 10504241029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dosen pendidikan teknologi kejuruan dalam aspek sosialisasi Kurikulum 2013 dan kontribusi dosen pendidikan teknologi kejuruan dalam teknis implementasi Kurikulum 2013 di SMK khususnya Kurikulum SMK KK TKR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah dosen pendidikan teknologi kejuruan di Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Taman Siswa yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuisioner. Uji validitas instrumen dilakukan oleh para ahli dan analisis butir instrumen menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Kontribusi dosen pendidikan teknologi kejuruan dalam aspek sosialisasi Kurikulum 2013 dapat dikatakan tinggi, melihat dari rerata pencapaian skor 73 (yang dikategorikan “baik”) yang meliputi sosialisasi konsep, tujuan, metode pembelajaran dan bahan ajar Kurikulum 2013, (2) Teknis implementasi Kurikulum 2013 yang dilakukan oleh dosen pendidikan teknologi kejuruan dapat dikategorikan berjalan dengan baik (rerata pencapaian skor 39,5) yang meliputi penyusunan perangkat pembelajaran dan penggunaan metode pembelajaran Kurikulum 2013. Kata kunci : Kontribusi, Dosen Pendidikan Teknologi Kejuruan, Kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 04:30 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30979 |
Actions (login required)
View Item |