PENGEMBANGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA MATERI PENYELESAIAN GAMBAR BUSANA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO

Nurhastuti, Putri Utami (2016) PENGEMBANGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA MATERI PENYELESAIAN GAMBAR BUSANA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nurhastuti Putri Utami - 42007 - PTBB - Skripsi - 2014.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA MATERI PENYELESAIAN GAMBAR BUSANA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO Oleh: Nurhastuti Putri Utami NIM 11513242007 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) Mengetahui prosedur pengembangan media CD Pembelajaran pada materi penyelesaian gambar busana. (2) Menghasilkan media yang layak digunakan berupa CD Pembelajaran pada materi penyelesaian gambar busana. (3) mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran pada materi penyelesaian gambar busana melalui hasil uji coba CD pembelajaran untuk kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (research and development) penelitian dan pengembangan. Subyek penelitian ini adalah CD Pembelajaran pada materi penyelesaian gambar busana. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media untuk mendapatkan masukan dan saran (revisi) mengenai kelayakan materi dan media, uji coba dilakukan oleh 32 peserta didik SMK N 3 Purworejo kelas XI Busana Butik 2. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan kuesioner/ angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) prosedur pengembangan media CD pembelajaran pada materi penyelesaian gambar busana menggunakan prosedur pengembangan model prosedural dari penelitian dan pengembangan Dick & Carey dengan delapan langkah yaitu analisis kebutuhan, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan materi, mengembangkan, mengembangkan instrument, mengembangkan media, melakukan uji coba, validasi dan revisi serta membuat produk. (2) penilaian terhadap CD Pembelajaran pada materi penyelesaian gambar busana yang diberikan oleh 2 ahli media pada aspek materi menunjukkan skor rata – rata 3,15 dengan kategori “sangat layak” dan penilaian yang dilakukan oleh 2 ahli media pada aspek media menunjukan skor rata – rata 3,31 dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan pada aspek bahasa memberikan penilaian dalam kategori “layak” dengan skor rata- rata 3. Penilaian yang dilakukan oleh 2 ahli materi pada aspek pembelajaran menunjukan skor rata- rata 3,33 dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan penilaian untuk aspek materi / isi termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan skor rata- rata 3,24. (3) tanggapan / respon peserta didik dalam aspek materi memperoleh skor rata – rata 3,67, skor tersebut termasuk dalam kategori “sangat menarik”. Sedangkan pada aspek media memperoleh skor rata – rata 3,38 dengan kategori “sangat menarik”. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli media dan materi, serta tanggapan / respon dari peserta didik maka CD pembelajaran ini termasuk dalam kategori sangat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, CD Pembelajaran, pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:09
Last Modified: 30 Jan 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30978

Actions (login required)

View Item View Item